Skip to main content

obat-obat herbal otau obat tradisional dan manfaatnya

Obat-obat herbal atau obat tradisional dan manfaatnya

Meski teknologi yang saat ini semakin maju, dan perkembagan. dari jenis obat-obatan semakin lebih bagus. Keyatannya obat yang berasal dari bahan alam atu yang di sebut dengan obat herbal. Semakin banyak di gunakan untuk mengobati berbagai macam peyakit.  Dan menjadi salah satu peyembuan alternatif yang paling di gemari.

Banyak yang menggunakan obat herbal.
Dengan alasan bahwa obat herbal lebih aman dibandingkan dengan obat kimia.
Dan negara yang paling terkenal dengan penyembuhan, alternatif dengan menggunakan obat herbal adalah cina

Seperti kita ketahui bersama bahwa obat herbal telah membantu menyembuhkan banyak orang dengan peyakit yang ber beda.
Meskipun beberapa obat ter sebut tidak memiliki klaim terapi, obat herbal, masih menjadi pilihan utama sebagai obat  yang paling aman dan efektif untuk di gunakan.
Namun kita harus berkonsutasi dengan dokter.
terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengabil atau mengomsomsi salah satu jenis obat herbal.

Obat herbal dan manfatnyai

1: kuyit

Kuyitmerupakan tanaman obat berupa semak dan ber sifat tahuanan(perenial) yang tersebar di seluruh daerah teropis. Tanaman kuyit tumbuh subur dan liar di sekitar hutan atu bekas kebun di perkirakan berasal dari binar pada ketingian 1300-1600m dpl ada jugak yang mengatakan bahwa kuyit berasal dari india.
di daerah jawa kuyit bayak di gunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan membersihkan mengeringkan, menghilangkan gatal dan menyebukan kesemutan manfaat,  utama tanaman kuyit yaitu sebagai bahan obat tradisional, bahanbaku indostri jamu dan kosmetik bahan bumbu masak, dan lain-lain.

2: temulawak.

Temulawak(curcuma yanthorhizaroxb) yangtermasuk dalam keluarga jahe (zingiberaceae) temulawak ini sebagai tanaman obat asli indonesia.
Namun demikian penyebaran tanaman temulawak, banyak tumbuh di pulau jawa maluku dan kalimatan karakteristik.
Temulawak tumbuh sebagai semak tampa batang mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai, daun yang pajang berdiri tegak tinggi.
Tanaman antara 2m s/d 2,5m daunnya panjang bundar seperti  daun pisang.
Yang mana pelepah daun nya saling menutup membentuk batang, tanaman ini dapat tumbuh subur, di dataran rendah dengan ketinggian 750m di atas permukan laut.
Tanaman ini bisa di panen setelah 8-12 bulan dengan ciri-ciri daun menguning seperti mumati, ubinya akan tumbuh di pangkal batang ber warna kuning gelap atau cokelat muda dengan dia meter panjang 15cm dan 6cm, baunya harum dan sedikit pahit agak pedas,  temulawak sudah lama di gunakan secara turun temurun oleh nenek moyang ketika untuk mengobati,  sakit kuning diare, perut kembung, dan pegal-pegal. Terakhir jugakbisa di manfatkan untuk menurunkan lemak darah mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.
Dengan bayak manfaat yang nyata secara medis tersebut maka pemerintah mencanangkan gerakan minum temulawak sejak 4tahun yang lalu.

3: umbi jahe


Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe  dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
Berbagai manfaat jahe yang secara tradisional sudah di kenal luas adalah seperti berikut ini: masuk angin.
Ramuan: ambil jahe yang tua sebesar ibu jari cuci bersih dan memarkan lalu di rebus dengan air dua gelas. Tambahkan gula aren secukupnya. Didihkan lebih kurang 2/4jm. Angkat dan minum hangat-hangat.

Sakit kepala atau mikgeren(sakit kepala sebelah).
Ramuan: ambil jahe seibu jari bakar lalu memarkan, seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren, minum seksligus, minum tiga kali sehari.

Mencegah mabuk kendaraan.
Ramuan: ambil jahe seibu jari, cuci dan iris tipis-tipis, lalu rebus dengan segelas air di minum hagat-hagat sebelum naik kendaraan.

Terkilir.l
Ramuan: ambil jahe lebih kurang dua ruas cuci bersih lalu parut, tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir, lakukan dua kali sehari.

Membantu meredakan batuk.
Ramuan: ambil jahe kurang lebih tiga ruas cuci berih memarkan lalu rebus dengan air satu gelas sapek mendidih, lalu tmbah kan sedikit gula aren. Minum hangat-hangat.


4: Bawang putih


Bawang putih (allium) herbal semusim berupun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm.daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari.
Batangnya batang semua dan ber warna hijau.
Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih.
Tiapsiung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangan tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang) tepi rata ujung runcing, beralur panjang 60cm dan lebar 1,5cm, berakar serabut,  bunganya ber warna putih ber tangkai panjang,  dan berbentuk payung.
Bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan alternatif atau obat herbal  sebsgai berikut.
1: Bawang putih  dibuat obat, Felu dan batuk.
Kandungan sulfur yang terkandung oleh bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous,  di saluran pernapasan,  yang membantu melegakan pemampatan dan lendir.
Bawang putih mentah mengandung,  phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebap penyakit.
Bagai mana cara memanfaatkannya?
Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda merasa sakit atau tambah kan bawang putih pada masakan.
Anda jugak dapat membuat obat batuk dengan resem ini.
: Hancurkan bawang putih dan masukan ke dalam susu dingin di dalam panci,  lalu panaskan sekitar 1-2 menit dan minum hangat-hangat.

2: bawang putih dan kolesterol.

Bawang putih dan kolesterol sekarang ada lebih dari 12 studi yang di publikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam ber bagai bentuk dapat menurunkan kolesterol oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bawang putih ini dapat menyebuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Salah satu studi yang di publikasikan di "The journal of  The Royal College of physicians" oleh Silagy CS dan Neil Haw tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak. Penulis menyatakan bahwa suplemen bawang putih merupakan bagian terpenting dalam penyembuhan kolesterol tinggi,  menurutnya,  secara keseluruhan, penurunan terjadi sebesar 12% dari total kolesterol.
Penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.

3: Bawang putih dan kanker.

Bawang putih jugak mempunyai kandungan untuk memerangi kanker,  terutama kanker perut dan usus besar, organosulfida yang ter kandung dalam bawang putih lebih  rendah resikonya terkena kanker perut dan  usus besar.
Untuk memastikan bahwa  anda akan mendapat kan  hasil yang  maksimal,  penelitian dari penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumpukan bawang putih selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu, bawang itu membantu kandungan-kandungan yang membantu memerangi knker

4: Kumis kucing.

Kumis kucing merupakan tanaman obat brupa  tumbuhan berbatang basah dan tegak.
Tanaman ini di kenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (inggris),giri-giri marah (sumatera) remujung (jawa tengah dan jawa timur )songot koneng(madura), tanaman kumis kucing berasal dari wilayah. Afika terpi, kemudian meyebar kewilanyah Asia dan Australia.Nama daerah, kumis kucing(melayu-sumater)
Spesies kumis kucing yang terdapat di pulau jawa, adalah kumis kucing kalu ber bunga putih dan ungu. Daun kumis kucimg basah maupun kering bermanfaat di gunakan sebagoi bot-batan di endonesia daun yang kering di pakai(simplisia) sebagai obat  yang  memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di india utuk mengobati rematik.  Masarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional,  atau obat herbal, alami. Sebagai upaya peyembuhan. Batuk,  encok,  masuk angin,  dan sembelit di Samping dan bunga tanaman kumis kucing ini jugak ber manfaat  untuk pengobatan.
Radang ginjal,  batu ginjal, kencing manis, albuminuria dan darah tinggi.!


5:Jambu biji merah.

Jambubiji merah merupakan salah satu jenis jambu yang sangat di gemari oleh orang.
Rasanya yang lebih manis dan tekturnya yang labih lembut lebih mudah membuat orang menyukainya. Jambu biji adalah tanaman yang berasal dari Negar meksiko amerika selatan. Saat ini jambu biji atau yang bernama latin guava, ini sudah menjadi. Tanaman budidaya yang sudah dibudidanyakan ke hampir seluruh pelosok dunia selama iklimnya tropis atau sub tropis seperti di negara Indonesi.
Kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jambu biji merah sangat baik untuk tubuh.

Kandungan di dalam jambu biji merah.
Mengapa buah jambu biji merah sangat baik untuk kesehatan.
Berikut ini adalah beberapa kadungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam jambu biji merah dan menjadikan alasan bahwa jambu biji merah ini sangat baik utuk tubuh.ternyata bukan hanya di dalam buahnya saja namun juga di dalam daunnya, jadi anda jugak bisa membuat teh yang terbuat dari daun jambu biji merah yang sudah kering.
Antioksidan Dalam jambu bisangat penting bagi kesehatan tubuh karena mampu menangkal zat karsenogenik atau yang lebih terkenal dengan istila radikal bebas. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh dengan mudah maka dapat menyebabkan kerusakan sel yang mamppu memicu tumbuhnya berbagi jenis penyakit berbahanya lainnya.
Oleh karena itu anda tidaklah perlu ragu jika ingin mengonsumsi jambu biji merah.

Penyakit yang dapat di obati.
Diabetes melitus maag, diare(sakit perut) masukangin,Beser, prolapsisani,sariawan, sakit kulit, lukabaru .
Pemanfaatan: Diabetes Mellitus Bahan:1buah jambubiji setegah masak cara membuat, buah jambu biji di belah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1liter air sampai mendidih,kemudian di saring untuk diambil airnya.
caramenggunakan: diminum dua kali sehari pagi dan sore.
Siapkan bahan: delapan lembar daun jambu biji yang masih segar.
Caramembuat: di rebus dengan1,5 liter air,  sampai mendidih, kemudian di saring untuk diambil air nya.
Cara menggunakan: di minum 3 kali sehari,pagi, siang,  dan sore.
Sakit perut (diare dan mencret)
Bahan: lima lembar daun biji 1 potong akar, kulit dan batangnya.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih  kemudian di daring  untuk di ambil air nya.
Cara menggunakan: di minum dua kali sehari pagi dan sore.
Sakit perut atau diare pada bayi yang masih meyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya di buang.
Masuk angin.
Bahan: 10 lembar daun biji yang masih muda, satu butir cabai merah, tiga buah mata asam,satu potong gula kelapa, garam secukupnya.
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampi mendidih kemudian di saring di ambil air nya.
Cara menggunakan: di minum dua kali sehari.

6: Kencur

Kencur adalah istilah jawa untuk rimpang jenis pangilan, jika masarakat aceh disebut ceuko, nama ilmiahnya adalah kaempferia galangal. Jenis trsebut,  masih sejenis dengan  jahe-jahean (gamilia Zingiberaceae),  maka masih sejenis, kunir, jahe, cunci, dan sebangsanya, atau sejenisnya,  nama lain yang masih sijenis nya kencur punya kemiripan di sana-sini tampa pertumbuh batang dan membentuk rimpang di dalam tanah.
Ripang ini adalah bagian tubuh yang paling penting, karena keuntungan. Kencur tanaman dapat hidup di mana saja, selama tanah gembur dan subur dengan sedikit teduh.
Dengan melakukan proses peyulingan maka dari kencur tersebut akan menghasilkan minyak atsiri,Berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri, dalam rimpang kencur mengandung seyawa kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah.
Pati(4,14%) mineral (13,73%). Miyak astiri (0,20%) berupa sineol. Asam metal kanil, penta dengan kandungan zat kimia tersebut maka banyak di manfaatkan sebagai obat berikut adalah cara pemanfaatkan sebagai obat.
Berikut adalah cara pemafaatan kencur berdasarkan peyakit yang dapat di atasinya. Influenza pada bayi.
Komposisi: satu rimpang kencur debesar ibu jari dan dua lembar daun kemukus (lada berekor/cibeb) cara menyajakan: kedua bahan tersebut di tumbuk halus,kemudian di tambah beberapa sendok air hangat.
Cara meyajikan,: kedua bahan tersebut di tumbuk halus kemudian di tambahkan beberapa sendok air hangat.
Cara memggunakan: di oleskan/di bobokkan di seputar hidung.
Sakitk kepala, komposisi: 2-3 lembar daun kencur .
Cara menyajikan: daun kencur ditumbuk sampei halus.
Cara menggunakannya: di oleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi, keseleo, komposisi: satu potong rimpang kencur dan beras yang sudah di rendam air.
Cara menyajikan: kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi air secukupnya.
Cara menggunakan: dioleskan/digosokkan pada bagian yang keseleo, sebagai bedak.
Menghilangkan lelah komposisi: satu rimpang besar kencur,dua sendok beras di goreng tanpa miyak (sangan) dan satu biji cabai merah.
Cara menyajikan: semua bahan tersebut direbus bersama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas,  kemudian di saring di ambil air nya.
Cara menggunakan: di minum hangat-hangat,  sekaligus dan di ulangi sampai sembuh. Untuk pria dapat ditambah dengan satu potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.


Demikian artikel sanya tentang macam, macam obat tradisional, atau herbal alami.
Semoga ber manfaat dan membantu.

Comments

Popular posts from this blog

How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas tilli 2017

How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas tilli 2017 How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas High Free ~ Is a backlink technique is already a thing hunted for SEO practitioners karna backlinks especially backlinks favored Google certainly can boost a managed website or blog can rise and become # 1 in Google / Google search results .  The above thing I have proved on dozens of SEO Contest List that I have followed, using techniques How to imitate competitor backlinks with Google, I know that the secrets of the SEO mastah-mastah blog / website can perched on the first page of Google turned out to be a lot of backlinks and quality, of course, is a quality backlink here is a backlink that meets the 5 criteria that I will mention below that there are actually some more criteria but here I only discuss it in brief, the more criteria below are met then the higher the quality of the backlink. Quality backlink criteria:     Have a high Google page rank     Have high authority  

cara mendapatkan backlink blog edu, gov. dofollow perofil

Cara Mendapatkan BACKLINK BLOG EDU GOV, DOFOLLOW perofil Berkualitas Cara Mendapatkan BACKLINK BLOG EDU.GOV, DOFOLLOW perofil Berkualitas merupakan tips SEO terbaik untuk meningkatkan page rank dan authority blog monetize. Mendapatkan lalu lintas ke situs Web atau blog adalah langkah yang paling penting dalam meningkatkan penjualan atau menghasilkan uang dari ppc Adsense. Sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas yang Anda butuhkan yaitu menggunakan tips SEO (optimasi mesin pencari) dengan mendapatkan backlink berkualitas sebanyak mungkin. Backlink dofollow gratis berfungsi sebagai penunjang situs utama Anda. edu gov backlink dofollow gratis seo backlink dofollow gratis Backlink dofollow memberitahu search engine bahwa situs Anda populer. Search engine, pada gilirannya, memberikan peringkat situs lebih tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini berefek lebih banyak lalu-lintas untuk situs Anda. Untungnya, ada banyak tempat di web otoritas tinggi yang bisa digunakan untuk me

list Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017 terbaik

 list Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017 terbaik tanam situs backlink geratis. Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017-Social bookmark merupakan bagian penting dalam SEO off page. selain mendapatkan backlink yang bersifat dofollow, anda juga mendapatkan uniq trafik dari situs social bookmark tersebut. Oleh karena itu, social bookmark/sosbok indonesia sangat baik untuk situs anda. Social Bookmark Indonesia Social Bookmark Indonesia Menurut wikipedia, Penanda sosial (Social bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka. Berikut ini list 7 Social Bookmark Indonesia Terbaru 2016 terbaik yang harus anda pakai!. Iklan: Jasa SEO, Jasa Web,Facebook Ads, Google Adwords http://lensa.in