Skip to main content

aspek hukum uduh lagu di internet

Aspek hukum uduh lagu di iternet

Kemajuan dan kehebatan teknologi jaman sekarang meper mudah orang-orang untuk melakukan dan mendapatkan segala iformasi pendidikan sampai hiburan melalui internet orang bisa mengakses hiburan dengan mudah contoh nya kita ngin medenerkan lagu kesukan, melihat berita dan mecari hiburan game kesukan kita tinggal mendolwoad di internet,
Sanya ingin menayakan tentang orang-orang yang berakti fitas menguduh lagu yang biasanya dalam  format MP3 debgan memanfaatkan fasisilitas internet.apa bila dilihat darisisi pelaku download.dapatkah dikatakan bahwa pelaku telah melakukan pelanggaran hakcipta, unsur atau pelanggaran apakah perbuaran tersebut berkaitan dengan hukum hak cipta.
Musik merupakan objek komersial,penghasilan seorang pencipta musik mungkin bisa di sebut ronyaliti, seorang yang mendowload lagu Mp3 internet dapat di katakan sebagai mengkonsumsi suatu barang komersial. Jika hal ini dihubungkan dengan ketentuan hukum perlidungan konsumen sesungguhnya dia wajib membayar harga atas barang yang dikonsumsinya,dapatkah hal ini dituntutkan kepada downloader, sebagai telah melakukan pelanggaran karena tidak adanya niat baik dan tidak membanyar,
Secara perdata apakah hal ini dapat dituntut sebagai perbuatan melawan hukum karena telah melangar kepentingan dan hak ekonomi orang lain.

Apa ya dasar hukumnya?

Dasar hukumnya adalah UU No 19 tahun 2002 tentang hak cipta hak cipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perudang-undangan yang berlaku.

Pencipta atau pemegang hak cipta atas karianya sinematografi dan progeram komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang oranglain yang tanpa persetujuannya  menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.

Unsur-unsur pelangaran hak cipta dalam pasal 72 ayat (1) UU HC adalah:

1)barang siapa atau siapapun, sehingga dapat di tunjukan kepada siapa saja, dalam hal ini adalah pelaku download /downloader. Pelaku downloader yang telah diminati pertangungjawaban dan tidak dapat di kenakan alasan pemanfaat atau peng hapus pidana memenuhi unsur.

Unsur dengan sengaja terpenuhi dengan dilakukannya penguduhan penguduhan lagu dengan tujuan mendapatkan lagu yang di uduh tersebut

Royaliti merupakan pembayaran yang dilakukan atas pengguna yang wajib memita izin dan membayar royalti adalah pihak-pihak yang memperdebgarkan lagu-lagu dan mepertunjukkan lagu pada kegiatan-kegiatan yang bersifat komersial.

Apabila suatu karya cipta digunakan untuk kepentingan sendiri tidak ada kewajiban untuk membayar royalti yang dapat dituntut dalam hal ini adalah pembayaran atas peroduk karya bukan atas hak cipta sehingga tidak terkait dengan royalti sebagai tambahan pembelian suatu karya lagu dalam pembelian produk lagu itu saja, bukan hak cipta atas hakk cipta atas lagu tersebut.

Perbuatan melawan hukum diatur dalam pasal 1365 KUHPperdata 
Unsur-unsur perbuatan melawan hukum adalah.

1)adanya perbuatan
2)perbuatan tersebut melawan hukum
3)adanya kerugian
4)adanya kesalahan
5)adanya hubungan sebab akibat (kausalitas)
Antara perbuatan melawan hukum dengan
akibat kerugian yang ditimbulkan.


Melawan hukum adalah melanggar hak subjektif orang lain, menguduh atau download lagu-lagu mp3 melalui internet dapat dikatakan melangar hak ekonomi pemegang hak cipta yang memiliki hak eksklusif untuk mengeksploitasi hal-hak ekonomi yang terkandung dalam suatu hak cipta pasal 1365 KUHPperdata yang mengatur mengenai perbuatan melawan hukum adalah pasal yang bersifat umum dan setiap orang dapat saja mengunakan pasal ini untuk menutut seorang yang dianggap telah melakukan perbuatan yang melawan hukum dan menimbulkan kerugian bagi dirinya termasuk per buatan menguduh lagu-lagu yang dilakukan oleh penguduh.

Namun demikian, UU HC telah mengatur nengenai gugantan ganti rugi bagi pelanggaran hak cipta, gugatan ganti rugi dapat diajukan oleh pencipta atau pemegang hak cipta kepada pengadilan negara atas pelanggaran hak ciptanya berdasarkan ketentuan pasal 56 ayat (1) UU HC.

Pelanggaran hak cipta dapat di kenai pidana berdasarkan pasal 72 ayat (1) UU HC yaitu pidana penjara minimal satu bulan atau denda minimal Rp 1juta atau pidana penjara maksimal tujuh tahun dan denda maksimal Rp 5miliar rupiah.

Demikian artikel saya tentang  Aspek hukum unduh lagu di iternet haya artikel di
atas yang haya saya ketahui semoga ber manfaat dan membantu.

Comments

Popular posts from this blog

How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas tilli 2017

How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas tilli 2017 How to Get Backlink edu and gov berkuwalitas High Free ~ Is a backlink technique is already a thing hunted for SEO practitioners karna backlinks especially backlinks favored Google certainly can boost a managed website or blog can rise and become # 1 in Google / Google search results .  The above thing I have proved on dozens of SEO Contest List that I have followed, using techniques How to imitate competitor backlinks with Google, I know that the secrets of the SEO mastah-mastah blog / website can perched on the first page of Google turned out to be a lot of backlinks and quality, of course, is a quality backlink here is a backlink that meets the 5 criteria that I will mention below that there are actually some more criteria but here I only discuss it in brief, the more criteria below are met then the higher the quality of the backlink. Quality backlink criteria:     Have a high Google page rank     Have high authority  

cara mendapatkan backlink blog edu, gov. dofollow perofil

Cara Mendapatkan BACKLINK BLOG EDU GOV, DOFOLLOW perofil Berkualitas Cara Mendapatkan BACKLINK BLOG EDU.GOV, DOFOLLOW perofil Berkualitas merupakan tips SEO terbaik untuk meningkatkan page rank dan authority blog monetize. Mendapatkan lalu lintas ke situs Web atau blog adalah langkah yang paling penting dalam meningkatkan penjualan atau menghasilkan uang dari ppc Adsense. Sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas yang Anda butuhkan yaitu menggunakan tips SEO (optimasi mesin pencari) dengan mendapatkan backlink berkualitas sebanyak mungkin. Backlink dofollow gratis berfungsi sebagai penunjang situs utama Anda. edu gov backlink dofollow gratis seo backlink dofollow gratis Backlink dofollow memberitahu search engine bahwa situs Anda populer. Search engine, pada gilirannya, memberikan peringkat situs lebih tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini berefek lebih banyak lalu-lintas untuk situs Anda. Untungnya, ada banyak tempat di web otoritas tinggi yang bisa digunakan untuk me

list Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017 terbaik

 list Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017 terbaik tanam situs backlink geratis. Social Bookmark Indonesia Terbaru 2017-Social bookmark merupakan bagian penting dalam SEO off page. selain mendapatkan backlink yang bersifat dofollow, anda juga mendapatkan uniq trafik dari situs social bookmark tersebut. Oleh karena itu, social bookmark/sosbok indonesia sangat baik untuk situs anda. Social Bookmark Indonesia Social Bookmark Indonesia Menurut wikipedia, Penanda sosial (Social bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka. Berikut ini list 7 Social Bookmark Indonesia Terbaru 2016 terbaik yang harus anda pakai!. Iklan: Jasa SEO, Jasa Web,Facebook Ads, Google Adwords http://lensa.in